Cara Memasarkan dan Mengiklankan Bisnis Gratis

Meskipun internet memberikan sebagian besar dari kita kesempatan untuk membangun bisnis, tapi iklan dan pemasaran yang kita lakukan bisa memakan banyak biaya. Bagi sebagian besar dari kita, rintangan ini bisa terlalu besar untuk dilalui.
Untungnya, ada banyak cara supaya kita bisa beriklan dan memasarkan bisnis online secara efektif tanpa membayar sama sekali. Berikut delapan ide untuk memasarkan dan mengiklankan bisnis secara gratis dengan hasil menjanjikan.
Bertukar iklan. Jika kita menerbitkan artikel Ezine atau newsletter, kita bisa meminta penulis lain untuk saling bertukar iklan jika mereka tertarik. Mereka bisa mengiklankan konten kita, begitu juga sebaliknya untuk jangka waktu yang disepakati.
Media sosial. Seperti yang kita semua tahu, media sosial bisa digunakan sebagai alat pemasaran. Tapi untuk menggunakannya secara efektif kita harus fokus. Pastikan kita melengkapi halaman profil akun bisnis kita dan memperbarui konten secara konsisten.
Message board. Forum atau message board bisa menjadi alat pemasaran yang efektif untuk bisnis kita. Terlibatlah dalam percakapan, tawarkan bantuan dan bangunlah reputasi.
Komentar di blog. Kunjungilah blog lain dan posting-lah komentar. Pastikan bahwa komentar mengandung informasi yang bermanfaat agar pembaca tertarik dengan kita dan situs kita.
Guest posting di blog. Banyak blog yang menerima guest post. Ini adalah cara yang hebat untuk membangun reputasi online. Tulislah post yang layak untuk berbagai blog dan berikan konten kepada pemilik blog. Banyak pemilik blog yang mensyaratkan artikel eksklusif jadi pastikan kita mengikuti ‘aturan main’ mereka.
Artikel pemasaran. Menulis dan mengirimkan tikel yang relevan dengan situs-situs yang kita tuju bisa menjadi salah satu cara pemasaran yang berdampak kuat. Buatlah tulisan yang mudah dibaa dan dipahami.
Word of mouth. Metode pemasaran yang satu ini sudah lama ada dan tetap menjadi cara yang kuat untuk mengiklankan bisnis. Perlakukan pelanggan dengan baik. Berikan mereka pengalaman yang memuaskan dan menyenangkan sehingga mereka mau merekomendasikan bisnis kita kepada teman-temannya.
Menghadiri acara. Biasakan untuk menghadiri berbagai acara offline dan online untuk menambah jaringan. Melalui acara-acara tersebut, kita bisa melakukan kontak dan bekerja sama dengan pemilik bisnis lainnya.
Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar